Panduan Metode Daftar Google News dengan Mudah

INFOTERKINI – Kebutuhan data makin bertambah di masa digital dikala ini. Pengguna internet memerlukan akses data yang aktual serta kredibel. Buat itu, Google memperkenalkan layanan Google News. Kamu dapat menjajaki metode daftar Google News supaya konten berita Kamu timbul di Google.

Nah, di postingan ini, Kamu hendak mempraktikkan metode daftar Google News dengan benar. Tidak hanya itu, kami pula hendak membocorkan ketentuan serta metode membuat berita di Google, dan khasiat bergabung dengan Google News Publisher.

Kamu jadi penasaran, kan? Langsung saja, ini ia postingan sepenuhnya!

Apa itu Google News?

Semacam namanya, Google News merupakan layanan Google yang fokus pada penyediaan konten berita yang berasal dari bermacam web di segala dunia, tercantum di Indonesia.

Apa itu Google News?

Tampilannya yang menarik serta intuitif mempermudah pembaca kala mengakses bermacam- macam berita baik lewat pc ataupun hp. Menariknya, layanan ini dapat dinikmati secara free. Tidak heran bila lebih dari satu juta pengguna di Google Play telah mendownload Google News.

Pengguna juga tidak diwajibkan login buat menikmati layanan ini. Hendak namun, bila memakai akun Google dikala akses, Kamu hendak disuguhi dengan personalized content. Maksudnya, berita – berita yang timbul hendak cocok dengan kesukaan Kamu.

Benar, salah satu keunggulan Google News dibanding platform lain merupakan kemudahan untuk pengguna buat memperoleh berita bersumber pada Topik, Posisi, ataupun Sumber berita.

Untuk owner web, daftar Google News Publisher serta memperoleh tempat di situ merupakan suatu keuntungan. Bayangkan, jumlah kunjungan Google News dalam satu bulan dapat menggapai 494 juta di segala dunia. Jadi, bila Kamu sanggup menggunakan platform ini dengan pas, akibatnya hendak sangat positif untuk web Kamu.

Kamu pasti tidak berpikiran Google News cuma buat media online yang telah terkenal saja, bukan? Pas sekali. Metode daftar Google News buat blogger biasa pula dapat, kok. Maksudnya, konten berita Kamu juga dapat jadi berita utama bila memanglah menarik serta layak diterbitkan.

Ketentuan Daftar Ke Google News

Supaya dapat memperoleh seluruh khasiat dari Google News, Kamu butuh bergabung ke layanan ini terlebih dulu. Secara universal, Kamu cuma butuh melaksanakan 2 perihal: metode daftar Google News buat blogger serta penuhi kriteria yang sudah didetetapkan. Lumayan gampang, bukan?

Saat sebelum kita melangkah ke metode mendaftarkan postingan ke Google News, ayo pelajari syaratnya terlebih dulu ya.

1. Buatlah Web Berita

Mempunyai konten berita saja tidak lumayan, Kamu wajib menjajaki metode membuat berita di Google. Perihal ini hendak sangat menolong kala bernazar menjajaki metode mendaftarkan postingan ke Google News.

Butuh diingat, proses pilih sehabis Kamu mendaftar dicoba manual oleh pihak Google. Mereka hendak membenarkan web Kamu cocok dengan tujuan layanan mereka: sediakan berita terkini serta penting.

Jadi, bila tujuan Kamu memperoleh tempat di Google News, daftarkanlah web Kamu dengan metode membuat berita di Google, apapun niche ataupun tipe berita yang jadi topik utama Kamu.

Jangan takut dahulu. Membuat web berita bukanlah sangat susah. Bila Kamu mau membuat web berita dengan gampang serta kilat, kami mempunyai panduan lengkapnya buat Kamu.

2. Mengadakan Konten Berkualitas

Mempunyai konten bermutu merupakan kunci dari peringkat paling atas mesin pencari. Syarat yang sama berlaku pula di layanan Google News Publisher. Apakah iktikad dari metode membuat konten berita di Google yang bermutu?

Tidak Menjiplak Konten Orang Lain

Senantiasa mengadakan konten Kamu sendiri. Mempunyai konten yang unik merupakan kunci kesuksesan suatu web. Kamu dapat melaksanakan riset sendiri tentang sesuatu berita yang mau Anda tuliskan. Meski Kamu dapat sesekali menerbitkan berita yang berasal dari pihak lain, yakinkan senantiasa menuliskan dengan style Kamu sendiri. Dengan demikian, Google News hendak menyangka konten Kamu merupakan suatu konten berita baru.

Fokus ke Salah Satu Tipe Berita

Tidak hanya tidak bercampur dengan konten lain, web Kamu hendaknya cuma membahas salah satu tipe berita saja. Misalnya tentang berita teknologi ataupun gawai (gadget). Perihal ini hendak mempermudah wisatawan menguasai web. Tidak hanya itu, Google News hendak dengan gampang mengkategorikan web Kamu tersebut. Apalagi bila Kamu sanggup membuat berita yang mendalam (in-depth news), kesempatan jadi berita utama makin besar.

Senantiasa Terupdate

Web berita menuntut Kamu buat menerbitkan konten masing- masing hari. Ini pasti cocok dengan karakteristik berita yang apalagi menuntut penerbitan lebih dari satu topik tiap hari serta senantiasa terupdate.

Baca Juga :  Mantan Admin Slot Online Bongkar Cara Maxwin Dalam 1 Putaran

Bila Kamu merasa kesusahan melaksanakannya seseorang diri, Kamu dapat memakai sebagian penulis buat membuat postingan berbeda buat diterbitkan di hari yang sama. Inilah yang kerap dicoba oleh web berita lain, paling tidak selaku langkah dini kala menjajaki metode daftar Google News.

Bukan Konten Yang Dilarang

Mempunyai konten unik bukan berarti Kamu dapat menulis berita dengan topik apa saja. Google News Publisher sendiri telah memastikan kalau konten berita yang menunjukkan konten kekerasan, kebencian serta konten intim maupun konten yang terpaut pelanggaran hak cipta sangat dilarang.

Bila web Kamu terpaut dengan konten- konten tersebut, Google News hendak menolak registrasi yang Kamu jalani.

3. Perhatikan Struktur Web Anda

Terpaut dengan aspek teknis web Kamu, Google News hendak lebih kilat menerima registrasi web Kamu bila menjajaki syarat selaku berikut:

Pakai URL Yang Unik serta Tidak Berubah

Google News Publisher secara gamblang mengatakan kalau bila URL konten Kamu senantiasa berganti, web Kamu tidak hendak dimasukkan ke dalam Google News. Sebabnya, mesin crawl Google yang bertugas mengetahui konten berita tidak dapat bekerja dengan baik di keadaan tersebut.

Sediakan Tampilan Yang Menarik Serta Responsif

Mempunyai tampilan web yang menarik baik di desktop ataupun mobile sangatlah berarti. Google News memprioritaskan web yang penuhi kriteria ini demi tingkatkan kenyamanan pengguna.

Tetapi, butuh diingat kalau web Kamu hendaknya tidak sangat banyak memakai dampak dengan JavaScript. Sebagaimana panduan yang Google bagikan, web dengan kode pemrograman yang simpel lebih diutamakan.

Pakai Navigasi Yang Mudah

Bila web Kamu mempunyai sebagian taman utama, yakinkan buat bergeser dari satu taman ke taman lain gampang dicoba. Navigasi di web Kamu ialah salah satu aspek dalam proses pilih / kurasi di Google News.

4. Jelaskan Bukti diri Web Kamu Dengan Baik

Data web Kamu sangat berarti buat tahapan verifikasi. Saat sebelum mulai registrasi yakinkan penyusunan web Kamu sudah cocok. Tidak hanya itu, taman About Page Kamu wajib sanggup menarangkan bukti diri web Kamu dengan baik.

Lebih lanjut, bila Kamu memakai sebagian kontributor ataupun penulis konten berita di web Kamu, profil mereka wajib disebutkan dengan jelas. Tidak cuma nama saja mereka, Kamu dapat menunjukkan gambar mereka serta sekilas latar balik profesi mereka.

Google News berikan Kamu peluang buat melaksanakan koreksi bila ada kesalahan penyusunan sehabis terdaftar. Tetapi, melaksanakannya dengan benar semenjak dini merupakan langkah yang bijaksana.

Inilah Metode daftar Web ke Google News

Sehabis sebagian ketentuan di atas telah Kamu memenuhi, langkah berikutnya merupakan metode mendaftarkan postingan ke Google News Publisher.

Berikut ini merupakan metode daftar Google News:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke halaman Google News Publisher serta login memakai akun Google Kamu.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Bila lebih dahulu Kamu belum sempat melaksanakan verifikasi kepemilikan web Kamu, Kamu hendak dimohon melaksanakannya terlebih dulu memakai Google Search Console. Panduan lengkapnya dapat Kamu di tautan berikut. Butuh diingat, sebab Google News mempunyai mesin crawler sendiri, yakinkan Kamu meningkatkan xml sitemap web berita Kamu pula. Tujuannya, membuat Google News senantiasa pembaharuan pada pergantian yang terjalin di web Kamu.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Kamu hendak memandang tampilan semacam di dasar ini bila baru hendak melaksanakan metode daftar Google News buat awal kali.

Masuk ke Google News Publisher Center

4. Meningkatkan Web Anda

Silakan meningkatkan web Kamu pada opsi “Want to suggest a web for Google News? Click here.” Kamu hendak memandang taman permintaan registrasi ke Google News semacam tampilan berikut:

Meningkatkan Web Anda

5. Mengisikan Data Tentang Web Anda

Sebagian data hendak dimohon buat proses kurasi oleh pihak Google. Silakan isi data yang dimohon dengan benar.

General Information

  • About your news site: Perinci data tentang web berita yang Kamu daftarkan

Site Information

  • Source URL: Alamat web berita Kamu.
  • Source Name: Nama web Kamu.
  • Site Language: bahasa yang digunakan di web serta konten berita Kamu. Ingat, Google News tidak memperkenankan pemakaian lebih dari satu bahasa.
  • City, State/ Province serta Region: Alamat lengkap Kamu.

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site
  • Opinion content: bila publikasi Kamu tentang konten opini
  • User generated content: bila konten buatan pengguna sudah lewat proses editing di web Anda
  • Web: centang opsi ini
  • Press release: bila Kamu pula menerbitkan siaran pers
  • Satire: bila web Kamu berjudul satire
Baca Juga :  Teka- teki Motif Tukang Pijat di Malang Mutilasi Laki- laki Surabaya

News Section Information

News Section Information
  • URL: Nama domain ataupun sebagian subdomain yang mau Kamu tambahkan
  • Labels: tipe berita yang Kamu tampilkan

6. Selesai

Sehabis informasi terisi dengan benar, klik Submit.

7. Menunggu Review Google

Menunggu Review Google

Proses berikutnya berbentuk review yang hendak dicoba oleh regu Google sepanjang satu sampai 3 pekan. Sepanjang segala ketentuan sukses Kamu memenuhi, tahapan daftar Google News ini hendak berjalan dengan baik.

Khasiat daftar Google News

Metode daftar Google News menawarkan bermacam khasiat untuk owner web kala sukses jadi bagian dari layanan ini.

Apa saja khasiatnya? Ayo kita kupas satu persatu.

1. Lebih Gampang Masuk ke Taman Awal Mesin Pencari

Bila Kamu mempunyai konten berita yang unik serta bermutu, Google News Publisher tidak segan buat menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan keadaan ini, Google pasti hendak menyangka web Kamu pula layak terletak di posisi paling atas mesin pencari. Selaku contoh, kala kita mengetikan “sandiaga” di Google, berita dari CNBC Indonesia pula timbul disitu.

Lebih Gampang Masuk ke Taman Awal Mesin Pencari

Semacam yang Kamu tahu, memperoleh posisi paling atas tidaklah perihal gampang. Kamu wajib terus melaksanakan optimasi mesin pencari ataupun SEO. Tetapi, dengan menggunakan Gooogle News secara optimal, posisi paling atas Google tidaklah perihal yang mustahil.

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Khasiat metode daftar Gooogle News buat blogger yang kedua merupakan bertambahnya jumlah wisatawan.

Terus menjadi gampang konten Kamu ditemui, terus menjadi besar mungkin web Kamu didatangi. Tidak cuma itu, wisatawan web Kamu dapat ditentukan berasal dari traffic yang bermutu.

Mengapa dapat demikian? Fitur personalized content berfungsi besar dalam perihal ini. Pengguna yang mendatangi web Kamu hendak merasa bahagia kalau topik yang Kamu miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.

3. Selaku Media Branding Yang Efektif

Bila web Kamu menawarkan konten yang bagus, akibatnya hendak sangat positif. Tidak hanya wisatawan hendak kerap tiba ke web Kamu lagi, Kamu hendak dikira pakar di bidang tersebut. Perihal ini hendak menolong Kamu membangun branding buat web Kamu.

Selaku contoh, Techcrunch merupakan web yang berfokus pada berita teknologi. Seluruh tipe berita teknologi mulai dari pembahasan startups, aplikasi desktop serta mobile, sampai ke ajang teknologi tahunan ditampilkan dengan baik.

Bila Kamu penggemar otomotif, dapat saja apa yang dicoba oleh Iwan Banaran dapat jadi inspirasi Kamu.

4. Berpeluang Memperoleh Banyak Backlink

Backlink merupakan tautan di suatu web yang menuju ke web lain. Selaku blogger, Kamu pasti menguasai kalau kedudukan backlink dalam mendongkrak kredibilitas web Kamu sangat besar.

Dikala Kamu menjajaki metode mendaftarkan postingan ke Google, konten Kamu berpeluang direkomendasikan oleh Gooogle News. Bila telah begitu, konten Kamu hendak jadi rujukan terupdate tentang sesuatu topik.

Apabila blogger lain memerlukan rujukan pendukung, pasti mereka hendak memakai sumber yang terpercaya. Dapat jadi sumber itu merupakan konten web Kamu.

Terus menjadi banyak backlink yang Kamu miliki, terus menjadi terpercaya web Kamu.

5. Tidak Butuh Menghasilkan Bayaran Buat Iklan

Menggunakan bermacam tipe iklan online buat mempromosikan suatu web merupakan perihal yang normal. Tetapi, bila Kamu dapat memperoleh hasil yang sama tanpa menghasilkan bayaran, pasti lebih baik.

Dengan metode membuat berita di Google, layanan ini berpotensi mendatangkan organic traffic ke web Kamu. Organic traffic merupakan kunjungan yang berasal dari mesin pencari serta Kamu tidak butuh menghasilkan sepeserpun buat perihal ini.

Siap daftar Google News?

Demikianlah metode daftar Google News buat web Kamu. Gampang, bukan? Kamu cuma butuh penuhi ketentuan yang dibutuhkan buat bergabung. Berikutnya, lanjutkan dengan metode mendaftarkan postingan ke Google serta mengisi sebagian data yang Google perlukan.

Bila konten berita web Kamu sukses ditampilkan di Gooogle News, peluang menduduki posisi paling atas di mesin pencari terbuka lebar. Tidak hanya itu, kenaikan jumlah wisatawan web Kamu cuma tinggal menunggu waktu. Serta yang tidak kalah berarti, Kamu dapat membangun brand image yang baik buat web Kamu dengan tujuan jangka panjang.

Mudah- mudahan postingan ini menolong membuat web Kamu terus menjadi populer. Jangan kurang ingat klik tombol Subscribe supaya tidak ketinggalan postingan terkini kami. Hingga jumpa lagi!